Menjemput Impian #1

Kali ini penulis menjemput impian dengan mencoba peruntungan  apply beasiswa master of Health Promotion and Behavior dari Program Usaid. Kuliah di Luar Negeri secara gratis??? Sapa yang gak mau …. mau semua dong, termasuk penulis J .

Prestasi USaid (gambar diambil dari mbah google)

Prestasi USaid (gambar diambil dari mbah google)

Sebenarnya passion penulis untuk kuliah di Luar Negeri melalui beasiswa sudah lama muncul namun baru kali ini mempunyai keberanian untuk apply, karena apa? Banyak hal yang mempengaruhi penulis baru action. Diantaranya adalah karena bahasa inggris penulis yang pas-pasan dan toefl PBT penulis belum mencapai 550, golongan dan pangkat penulis belum memenuhi syarat untuk tugas belajar ataupun ijin belajar dari instansi tempat penulis bekerja. Golongan penulis saat ini 2D *insyaAllah sebentar lagi menjadi 3A* karena saat penulis mendaftar jadi PNS menggunakan ijazah D3 dan ijazah S1 penulis belum penyesuaian *mohon doanya para pembaca ya semoga penulis beruntung dan ijazah S1 penulis segera disesuaikan. Aamiin* . Dan kali ini penulis memeberanikan diri untuk mendaftar karena setelah penulis mengutarakan maksud penulis kepada atasan bahwa penulis berencana akan apply beasiswa master dan minta surat referensi dari beliau. Alhamdulillah gayung pun bersambut, atasan penulis menyetujui dan mempersilahkan untuk penulis aplly beasiswa tersebut. Akhirnya setelah tahun sebelumnya mendapatkan penolakan, Allah memberikan kemudahan di tahun ini. Walaupun baru berupa izin untuk mendaftar dari atasan, penulis sangat bahagia tak terkira *apalagi bener-bener dapat beasiswanya ya hahaha J *.

Singkat cerita, akhirnya penulis mulai mengisi form aplikasi dan sambil menghubungi dua orang atasan penulis untuk berkenan menuliskan surat referensi.  Next tinggal menghubungi professor di tempat kuliah penulis. Hmmm satu orang yang sangat melekat di hati dan langsung terlintas di pikiran … Prof.Hamam, seorang professor yang baik banget, low profile, masih muda, ganteng lagi … penulis sampe terpesona deh sama beliau hahaha *intermezo*. Finally, dengan penuh semangat 45 maka penulis mulai menghubungi beliau via email dan sms dan Alhamdulillah again Allah permudah urusan surat referensi dari Prof.Hamam, untuk mengambil surat referensi dari Prof.Hamam pun penulis ke Jogja dan langsung kembali lagi ke Bogor *semoga perjuangan dan pengorbanan ini menghasilkan buah yang manis yaa Allah. Aamiin* . Yuhhhuuu, berhasil  juga akhirnya penulis mendapatkan dua surat referensi dari atasan di H-1 deadline pendaftaran beasiswa tersebut. Hmmm meefet banget yah, yoiii kebetulan penulis juga mendapatkan info beasiswa tersebut H-14 dan seminggu berikutnya penulis sedang hectic buanget dan akhirnya pun baru sempat donlot dan baca-baca aplikasinya.

H-7 penulis baru benar-benar bisa meluangkan waktu untuk mengisi aplikasi beasiswa dan ting ting tiiiiing … penulis punya ide untuk mengkonsultasikan aplikasi penulis kepada beberapa orang kawan, tentunya kawan yang jago english dan punya pengalaman tentang apply beasiswa J. Konsultan pertama mba Irma, beliau adalah teman relawan di Kelas Inspirasi Bogor dan beliau terakhir adalah seorang scholarship awardee untuk program doctoral di Holland *Huhuhuhu keyen banget ya … mau dunk ketularan jg dapet scholarship ke Holland. Ups jd hilang fokus hihihi*. Konsultan ke-dua adalah bu Ira, beliau adalah peneliti dari BATAN yang sudah go international. Kami bertemu dalam sebuah program reseach-nya beliau bekerjasama dengan instansi tempat penulis bekerja, untuk program doctornya beliau mengambil double degree yaitu universitas di Indonesia dan Universitas Belanda *Hmmm lagi-lagi Holland bo!!! Argghhhh mupeng deeeh J *.Konsultan terakhir adalah kak Ranti, beliau saat ini sedang menyelesaikan program s2-nya di ITB, beliau bekerja di sebuah LSM internasional yang sudah malang melintang di daratan eropa dan afrika *lucky bener ya nih orang J*, beliau adalah teman penulis saat naik gunung semeru. Satu orang lagi, penulis hampir lupa. Beliau adalah dr.Bona konsultan untuk judul research pada aplikasi beasiswa ini, setelah dapat rekomendasi dari bu Ira sebaiknya menghubungi dr.Bona untuk urusan judul research alhamdulillah judul research tentang Health Promotion and Behavior pun beres. Dr.Bona adalah salah satu anggota tim kami di program research kerjasama BATAN-BNN.

Setelah 2x konsul online *konsul via email, bbm, whatsApp, telfon* akhirnya penulis meyakinkan diri untuk memasukkan aplikasi penulis ke kantor USaid Jakarta. Lebih tepatnya karena memang sudah tak ada waktu lagi untuk konsul again hahaha. Finally, fixed  Kamis malam semua berkas dah beres dan siap kirim. Dan penulis pun masih diberikan keberuntungan karena untuk aplikasi pendaftaran bisa diantar langsung ke Kantor USaid di Jakarta, dengan diantar langsung ke Kantor USaid maka penulis yakin bahwa berkas pendaftarn bisa sampai di kantor USaid sebelum deadline yaitu hari Jumat tanggal 14 Maret 2013 pukul 16.30 WIB.

Hari jumat itu pun penulis tetap bekerja ke kantor seperti biasa namun izin pulang lebih awal karena ada rencana pulang kampung ke Tegal dan dapat tiket bus keberangkatan lebih awal dan sekaligus mengantar berkas pendaftaran beasiswa USaid. Kantor USaid di Menara Imperium Lt.28 Suite A, JL.HR.Rasuna Said Kuningan. Hmmm penulis belum pernah ke gedung tersebut dan akhirnya H-1 pun penulis mencoba cari tahu termasuk ke mbah google, dan mbah google wrote bahwa Menara Imperium terletak di dekat gedung KPK dan transjakarta shelter terdekat adalah shelter Setia Budi Utara Aini dan Shelter Madya Aini. Penulispun dengan modal semangat, keyakinan, dan mimpi maka penulis pun menyusuri Lido – Cawang Uki – Kuninganmenuju Menara Imperium. Sesampai di tempat tersebut penulis ke meja informasi untuk melaporkan diri bahwa penulis akan ke kantor USaid tepatnya kantor IIEF sambil mengeluarkan ID card namun sang security langsung mengarahkan untuk ke lift dan tanpa perlu meninggalkan ID card. Penulis pun langung mendekati lift yang menuju lantai 28 *sebelah kanan dari pintu utama*.Ups saat baru masuk lift, berikutnya ada 3 orang yang menyusul masuk ke dalam lift dan ternyata menuju lantai yang sama “lantai 28”. Saat pertama melihat, penulis merasa familiar dengan salah satu orang diantara mereka ber-3, yeah! Beliau adalah speaker di acara US Edu Fair tahun 2013 di Balai Kartini Jakarta. Hmmm sesuatu tidak ada yan kebetulan yaa Allah, semua ats izin Engkau dan semoga ini  petanda baik *lolos dapet beasiswa maksudnya. Aamiin J*.

Menara Imperium, JL. HR.Rasuna Said Kuningan (gambar diunduh dari mbah google)

Menara Imperium, JL. HR.Rasuna Said Kuningan (gambar diunduh dari mbah google)

Ting tooong….finally lantai 28 di sepan mata, tiga orang yang barusan penulis ceritakan keluar menuju ruang IIEF dan penulis pun menyusu  di belakangnya menuju ruang sebelah yaitu ruang USaid. Penulis langsung menuju meja informasi dan meyerahkan berkas pendaftaran. Hmmm It was a special day for me, I wish USaid scholarship is Allah’s way to make my dream comes true “studying abroad by scholarship” Setelah selesai pengumpulan berkas, penulis pun meninggalkan ruang tersebut.

Jam di tangan menunjukkan pukul 15.10, sebentar lagi waktu untuk sholat ashar. Akhirnya penulis memutuskan untuk mencari musholla di area Menara Imperium agar bisa sholat ashar on time dan tenang meneruskan perjalanan. Penukis menghampiri security untuk menanyakan keberadaan musholla dan sang security menjawab “Disini tidak ada musholla tetapi ada Masjid An Nur di lantai parkiran P14. Ibu menuju lantai 4 dan keluar lift *belok kiri *menuju parkiran dan selanjutnya naik lift parkiran menuju  P12 selanjutnya keluar lift dan naik secara manual menuju P14. Yes!!! Fianlly I found it, An Nur Mosque … tempatnya lumayan besar, nyaman dan bersih, dilengkapi dengan mukena dan sandal jepit. Penulis pun beruntung bisa sholatashar on time dan berjamaah di masjid tersebut *I wish it was a sign again form Allah that it was a good sign*. Setelah selesai pun penulis melanjutkan perjaanan menuju terminal bus untuk melanjutkan perjalanan pulang kampung ke kota tercinta “Tegal Laka-Laka”. Saat menuju pintu utama jangan sampai bingung ya *karena kemarin penulis sempat bingung hehehe*, dari masjid silahan turun sebanyak 2 turunan dan menuju lift P12 dan turun di LG2 (Lower Ground 2) yaitu tempat area lobby. Setelah keluar dari LG2, di depan pintu lift LG2 ada pintu menuju area lobby, silahkan masuk lobby ddan dilanjutkan naik tangga manual 1 lantai karena pintu utama berada satu lantai di atas area lobby J. Semog atulisan yang sedikit ini bisa memberikan manfaat, menularkan semangat kepada para pembaca. Next story semoga tentang bagaimana penulis akhirnya mendapatkan beasiswa  master yo *ngareeeeep* J .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s