Vaksinasi Meningitis dan Vaksinasi Internasional Lainnya di KKP serta Manfaatnya

Pengertian Vaksinasi

Vaksinasi adalah memberikan vaksin ke dalam tubuh seseorang untukmerangsang timbulnya kekebalan tubuh secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksin adalah bahan bahan yang terbuat dari virus atau bakteri yang telah dilemahkan atau dimatikan. Vaksin dapat juga berupa hasil –hasil pemurnian virus/ bakteri berupa protein/ peptida/ pertikel lain.

Vaksin (gambar diunduh dari mbah google)

Vaksinasi (gambar diunduh dari mbah google)

Manfaat Vaksinasi

Manfaat vaksinasi diantaranya adalah:

  1. Bagi individu : melindungi seseorang dari penyakit tertentu sesuai jenis vaksin.
  2. Bagi masyarakat : timbulnya kekebalan kelompok sehingga penyakit menular tertentu sesuai jenis vaksinasi tidak dapat menyebar.
  3. Bagi negara : melindungi negara dari penyakit menular tertentu (termasuk penyebaran dari negara lain), meningkatkan derajat kesehatan bangsa dan bangsa yang sehat dan kuat.

Jenis Pelayanan Vaksinasi yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan

1. Vaksinasi Meningitis

Vaksinasi meningitis adalah vaksinasi yang dilakukan untuk menimbulkan kekebalan tubuh untuk menghindari penyakit radang selaput otak (meningitis) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Meningitidis. Vaksinasi ini diberikan kepada seseorang yang akan pergi ke daerah endemis meningitis. Khusus untuk jamaah haji dan umroh diwajibkan melakukan vaksinasi meningitis sebagai salah satusyarat untuk mendapatkan visa di Kedutaan Besar Arab Saudi. Vaksinasi meningitis kekebalannya berlaku untuk dua tahun.

2. Vaksinasi Influenza

Vaksinasi influenza adalah vaksinasi yang dilakukan untuk menimbulkan kekebalan tubuh untuk menghindari penyakit infeksi saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Penyakit influenza/ flu yang sering muncula dalah influenza tipe A dan B. Vaksinasi influenza kekebalannya bertahan selama satu tahun.

3. Vaksinasi Pneumonia

Vaksinasi meningitis adalah vaksinasi yang dilakukan untuk menimbulkan kekebalan tubuh untuk menghindari penyakit yang menyerang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Orang dewasa dengan penyakit kronis termasuk asma, jantung kronis, diabetes, gagak ginjal, penyakit hati kronis, dan perokok sebaiknya mendapatkan vaksnasi ini. Vaksinasi pneumonia cukup sekali dan kekebalannya bertahan minimal lima tahun, revaksinasi tidak diperlukan kecuali pada lansia dengan umur diatas 65 tahun.

4. Vaksinasi Yellow Fever

Vaksinasis untuk melindungi dari penyakit infeksi virus akut yang ditularkan melaui gigitan nyamuk. Penyakit ini ditandai dengan demam, jaundice (kekuningan), perdarahan dan kadar albumin tinggi dalam urin. WHO mewajibkan vaksinasi ini bagi seseorang yang akan memaasuki negara endemis penyakit tersebut.

Daerah endemis : Afrika dan Amerika Selatan

Masa kekebalan setelah vaksinasin : sepuluh tahun

5. Vaksinasi Thypoid

Vaksinasis untuk melindungi dari penyakit thypus, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella tiphy/ paratiphy.

Masa kekebalan setelah vaksinasi : tiga tahun.

Sumber : brosur KKP, google.

Tulisan terkait :

“Cara Mendapatkan Kartu Kuning Hasil Vaksinasi Meningitis di Bogor”

7 thoughts on “Vaksinasi Meningitis dan Vaksinasi Internasional Lainnya di KKP serta Manfaatnya

  1. Saya mau tanya jika vaksin meningitis dan yellow fever dilakukan sehari sblm keberangkatan apakah boleh? Dikarenakan urusan pekerjaan yg mendadak. Terimakasih

    • @mba betliana : menurut saya untuk vaksin sebaiknya jauh-jauh hari. Karena salah satu syarat pengajuan visa ke kedubes KSA adalah kartu kuning yaitu kartu bukti tanda telah vaksin meningitis.

      • Saya mengerti jika untuk urusan umroh dan haji mungkin iya harus jauh2 hari maksud saya, bepergian kesan itu untuk urusan kerja dari penebangan mba, bkn untuk umroh atau haji. Yang saya tanyakan apakah efeknya jika vaksin dilakukan sehari sebelum keberangkatan, apakah bahaya atau tidak? Terimakasih

    • Dapetnya kartu merah mba haha (becanda ya mba vania)😉. Sepertinya harus suntik vaksin dulu baru dapat kartu kuning, karna dokter pelabuhan hanya mengeluarkan kartu tersebut setelah vaksin. Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s