Contoh Pertanyaan Saat Tes Wawancara Seleksi CPNS BNN (Berdasarkan pengalaman penulis)

Tulisan ini ditulis oleh penulis karena banyak pertanyaan baik melalui inbox fb, mention di twitter, sms, telfon ataupun yang bertanya langsung. Kurang lebih ini pertanyaan-pertanyaan beradasarkan pengalaman penulis dan rekan-rekan penulis. Pertanyaan ini tidak mutlak karena setiap tahunnya panitia tidak sama dan BNN semakin berkembang. Setidaknya tulisan ini semoga bisa menjadi gambaran ataupun persiapan pembaca untuk menghadapi tes wawancara BNN. Dan penulis bukanlah termasuk panitia seleksi CPNS di BNN, jadi tulisan ini pure berdasarkan pengalaman.

gedung-bnn

APA AJA SIH PERTANYAAN YANG BIASANYA MUNCUL?

1. Gambaran tentang BNN (bisa di lihat di http://www.bnn.go.id) , meliputi Profil BNN, Sejarah BNN; Visi dan Misi BNN;  P4GN ;                               Undang –undang NO. 35 Tahun 2009 tentang narkotika; Struktur organisasi BNN; BNN bernaung kemana? (Jawab: BNN Berupa Badan yangmana Kepala BNN langsung bertanggung jawab kepada Presiden. BNN bukan dibawah kementrian manapun, namanya Badan langsung bertanggung jawab langsung kepada presiden);

2. Apa motivasi bergabung dengan BNN?

3. Pertanyaan seputar CV kita, misal pendidikan, pengalaman kerja, organisasasi dll.

4. Apa kode etik profesi anda? (misal : kode etik perawat/ dokter/ psikolog/ nutrisionis, dll) à anda yang lebih tahu.

5. Pertanyaan seputar SWOT (Strenght, Weakness, Oportunity, Threats). Apa kelebihan anda? apa kekurangan anda? kesempatan, dan Ancaman. Jelaskan juga bahwa kekurangan anda bisa diminimalisir dengan kelebihan anda.

6. Apa yang akan anda lakukan untk mengembangkan BNN? Biasanya dihubungkan dengan sesuai profesi anda dan jabatan yang anda lamar.

7. Apa alasan anda mau menjadi PNS, yang mana pns  gajinya tidak sebanyak kalo kerja di swasta?

8. Beberapa wawancara yang mahir berbahasa inggris biasanya menanyakan anda dalam bahasa Inggris. Jika memang anda bisa berbahasa inggris maka tunjukkan bahwa anda mampu, hal tersebut menjadi nilai lebih anda. Jika memang anda tidak bsia berbahasa inggris sampaikan saja bahwa anda kurang mampu dalam berbahasa inggris aktif.

9. Apa anda siap ditempatkan di seluruh wilayah indonesia? Saran saya, jawab “IYA” karena hal in menujukkan keseriusan anda dan kesiapan anda.

SIAPA SAJA YANG MENJADI PEWAWANCARA ?

Tentunya panitia. Dengan background bermacam-macam ada yang psikologi, dokter, sosial, dll.

TIPS saat menjawab pertanyaan :

  1. Jawab dengan penuh percaya diri tapi tidak berlebihan dalam arti  intonasi sewajarnya (serius tapi gak tegang, dan gak guyon).
  2. Jawab apa adanya, kejujuran sangat dijunjung tinggi dan itu menjadi nilai poin anda.
  3. Fokus

“PANTUKIR” itu apa sih?

Salah satu tahap seleksi CPNS di BNN adalah PANTUKIR. PANTUKIR  adalah kependekan dari Pemantauan Akhir,yaitu pengakumulasian  nilai dari masing-masing seleksi (dari awal sampai akhir). Nah hasil dari pantukir itu kelihatan mana yang nilainya tertinggi sampai terendah , dan tentunya yang nilainya tinggi kemungkinannya untuk lolos pasti besar juga. CMIIW.

Tulisan ini walopun lebih khusus mengulas seputar seleksi wawancara di BNN, namun isi dari pertanyaan diatas bisa di aplikasikan pada seleksi wawancara si instansi lain.

GOOD LUCK GUYS, I’M SURE THAT YOU CAN CATCH YOUR DREAM!!!

Tulisan Terkait :
Tips Lulus Seleksi CPNS

8 thoughts on “Contoh Pertanyaan Saat Tes Wawancara Seleksi CPNS BNN (Berdasarkan pengalaman penulis)

  1. mbk maaf mau nanya… kata mbk klo pantukhir itu pemantauan akhir. itu pengakumulasian nilai dri masing2 seleksi…apakah ntar masih ditanya wawancaranya atau disuruh baris berbaris atau gimana kak?

  2. makasih mba Izza, atas tips2 nya, sangat membantu, Oia,ada sedikit tambahan: pantukhir itu berdiri lama bgt sambil dicek fisiknya. alhamdulillah bisa brhasil sampai tahap akhir, btw pekerjaan pembina mental agama islam itu pekerjaannya ngapain aja ya mba’? insya Allah saya di Lido- Bogor.

  3. Assalamu’alaikum Mba’, mo nanya dong (maaf pertanyaannya ga sesuai topik tulisan)🙂
    Soal2 TKD BNN apa saja Mba’? Sama seperti soal2 d Kementerian ada TWK, TIU, TKP / yg lainnya?
    Terus d BNN pake passing grade ga Mba’? Terima kasih🙂

  4. Pingback: Contoh Pertanyaan Saat Tes Wawancara Seleksi CPNS BNN (Berdasarkan pengalaman penulis) | romadhanirajab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s