Penambahan Nama pada Paspor

Penambahan nama pada paspor apa bisa ya? Kalo bisa gimana caranya ya? Hmmm mungkin pertanyaan itu yang terbesit bagi para pembaca. Saya mencoba sharing informasi tentang “penambahan nama pada paspor” berdasarkan pengalaman saya di Kanim (Kantor Imigrasi) Bogor.

Kenapa Harus Menambahkan Nama Pada Passpor?

Penulis menambah nama pada paspor karena untuk persiapan sapa tahu dalam waktu dekat dipantaskan untuk berumroh *afirmasi positif hihihi*. Sekarang nyiapain paspor-nya dulu hehehe, mohon doanya pembaca juga ya semoga penulis segara dipantaskan  untuk kesono sekaligus maen ke dubai dan turki #eh ngelunjak hahaha😀.

Kembali ke topik awal, jadi nama saya terdiri dari suku kata yaitu “Miratul Azizah” sehingga perlu ditambahkan satu suku kata nama lagi yaitu nama ayah. So menjadi “Miratul Azizah S…..(nama ayah)”. Kalo yang namanya Cuma punya satu suka kata, contoh BEJO, gimana ya?Berarti memerlukan 2 suku kata lagi  yaitu nama ayah. Ow ow … ternyata nama ayah juga cuma suku kata? Gampaaang, tinggal nambahin lagi di belakangnya nama kakek. (Contoh : nama asli BEJO, nama ayah : REJO , nama kakek : SOJO, nama di paspor berarti :  nama asli+nama ayah+nama kakek –> BEJO REJO SOJO)

Kenapa Kalo mau umroh ataupun haji nama di passpor harus 3 suku kata?

Jawaban-nya standar, tepatnya standar dari petugas kanim “sudah aturan dari pemerintah Saudi Arabia, mereka hanya menerima paspor dengan nama bersuku kata tiga”.

Bagaimana cara menambahkan nama pada paspor kita?

    1. Cek nama pada halaman ID paspor anda, berapa suku kata nama yang tercantum. Jika sudah tiga suku kata berarti gak masalah. Kalo baru satu atau dua, nah itu yang perlu dibaca lanjut ke nomer berikutnya;
    2. Browshing atau googling untuk mengumpulkan informasi “penambahan nama pada paspor” sehingga saat sampai pada kanim semuanya sudah ready;
    3. Siapkan berkas asli dan foto copy ukuran kerta A4 masing-masing satu bendel  berupa:
      1. Bukti domisili berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku;
      2. Bukti identitas, antara lain :  Akte Kelahiran, atau Ijazah, atau Akte perkawinan/ akte nikah yang masih berlaku yang mencantumkan tentang tanggal, bulan dan tahun kelahiran pemohon;
      3. Surat Ganti nama, bagi yan pernah mengganti nama sesuai ketentuan yang berlaku;
      4. Bagi Pegawai Negeri, melampirkan surat rekomendasi dari instansinya;
      5. Paspor lama.
    4. Setelah berkas tersebut siap semua, selanjutnya meluncur ke Kanim. Saran dari penulis ke kanim pagi-pagi pukul 7 karena dalam sehari berkas permohonan dibatasi 150 berkas. Saat penulis ke kanim Bogor, hari pertama gagal karena saat itu penulis sampai di kanim pukul 11.00an wib dan untuk permohonan hati itu sudah ditutup, informasi dari petugasnya bahwa hari itu pukul 08.30 kuota permohohonan 150 berkas sudah terpenuhi. Petugas bagian informasi pun menyarankan “mba besok dateng lagi ajah jam 7, kantor mulai buka jam 7 sekalian berkasi ini diisi ya (berkas permohonan dan penambahan nama”. Trimakasih bu, jawab penulis. Hari berikutnya tepatnya minggu berikutnya, penulis datang kembali ke kanim dengan persyaratan lengkap. Saat itu penulis sampai di kanim sekitar pukul 08.00 karena trafic  Lido – Bogor kota yang sangat padet. Wow dapet antrian nomer 83, gileeee!!!. Tapi tetep bersyukur, untung masih kebagian antrian , bisa nangis nih klo gak kebagian nomer antrian lagi!.
    5. Mengisi formulir penambahan nama dan formulir permohonan. (Formulir tersebut didapatkan di meja informasi. Saat tulisan ini dibuat, meja informasi ada di sebelah kanan pintu masuk;
    6. Setelah di formulir tersebut  diisi, komplit maka berkas asli, berkas foto copy dan dua formulir yang telah diisi yang telah disiapkan selanjutnya diserahkan ke petugas di meja informasi untuk pengecekan berkas  dan berikutnya berkas tersebut dimasukkan ke dalam map kuning berlogo kantor imigrasi (untuk map disediakan dari kanim di meja infromasi jadi gak perlu bayar dan gak perlu ribet-ribet nyari).
    7. Setelah berkas selesai dicek  oleh petugas selanjutnya tinggal duduk manis nunggu nomer antrian kita dipanggil;
    8. Antruian A83 *suara petugas terdengar*, aseeekk akhirnya pada pukul 11an wib dipanggil juga nomer antrian penulis;
    9. Untuk “penambahan nama paspor” di loket  1 – 3. Tinggal nyerahin berkas yang tadi dirapikan oleh petugas di meja informasi.
    10. Petugas di loket 1 -3 akan memberikan berkas asli kepada kita dan memberikan selembar kertas sebagai bukti berkas permohonan kita sudah diterima dan untuk mengambil paspor saat sudah jadi nanti. Petugas pun memberikan informasi kepada kita kapan paspor bisa diambil. Berdasarkan informasi dari petugas di loket 3 yang melayani saya bahwa paspor bisa diambil 3 hari kerja setelah hari tersebut pukul 13.00 s/d 15.00 wib, saat itu hari senin berarti hari kamis paspor sudah bisa diambil;
    11. Next …. (hari kamis), saatnya mengambi paspor yang sudah ditambahkan nama. Saat pegambilan paspor dengan mebawa slip pegambilan paspor.

Bagaimana cara pengambilan paspor yang sudah jadi lengkap dengan penambahan nama?

  1. Datanglah sesuai dengan yang dijadwalkan oleh petugas yang melayani anda pada saat penyerahan berkas permohonan. Penulis saat itu diberikan jadwal hari kamis pukul 13.00 s/d 15.00 wib. Tapi berhubung saat hari kamis penulis ada tugas ke luar kota maka penulis mengambil paspor di hari berikutnya yaitu hari Jumat pada jam yang sama. (Disini penulis tidak melakukan konfirmasi sebelumnya kepada petugas).
  2. Saat pertama datang ke Kanim, tumpuk slip pengambilan di loket 1 – 3 atau di loket 6 (tanya sama petugasnya aja, daripada kita nungguin dan ternyata sudah mulai penumpukan slip).
  3. Nunggu dipanggil oleh petugas di loket 1,2,3, atau 6.
  4. Kalo nama kita sudah dipaggil maka petugas akan menyerahkan paspor kita yang sudah dilengkapi dengan tambahan nama serta mengisi buku tanda terima paspor.Yuhhhuuuuu!!!!
  5. Dan berikutnya petugas akan minta satu lembar foto copy pada bagian penambahan nama (foto copy terdekat ada di sebelah kanan pintu keluar).

Slip pengambilan pasporGambar 1. Silp bukti penyerahan permohonan berkas dan pengambilan paspor.

nomer antrian

Gambar 2. Nomer antrian di Kanim (kualitas gambar agak jelek, mohon dimaklumi ya)

Frmulir permohonan paspor

Gambar 3. Formulir permohonan

Map untuk meletakkan berkas permohonan penambahan nama paspor

Gambar 4. Map berisi berkas permohonan penambahan nama yang sudah dicek oleh petugas bagian informasi

Berapa biaya untuk penambahan nama pada paspor?

FREE !!! Yes, it is free alias gak bayar (gratis untuk saat ini, kalo di kemudian ada perubahan ya menyesuaikan sajah).

Catatan tambahan :

  1. Kantor Imigrasi Kelas II Bogor BUKA mulai pukul 07.00 WIB dari hari senin s/d jumat.
  2. Kalo pas sampai di Kanim nabarak waktu sholat , musholla ada di lantai 2 dan tangga berada di deket meja informasi. Lengkap dengan tempat wudhu dan sajadah dan mukena.
  3. Tempat fotocopy ada di sebelah kiri dari pintu masuk.
  4. Toilet terletak di dekat tempat fotocopy.
  5. Foto copy disono harganya IDR 500 per lembar.
  6. Tetep harus bawa uang ya, buat makan mie ayam ata bakso atau jajajanan-jajanan yang mangkal di depan kantor hahaha. Kemarin penulis dapat nomer antrian nomer 83 jadi lumayan lama sambil nunggu panggilan jadinya nge-mie ayam dulu J.
  7. Bawa buku bacaan kalo suka baca, jadi saat nunggu antrian dipanggil bisa sambil baca buku.

Kantor imigrasi Kelas II Bogor

Jl.A . Yani No. 65 Bogor 16161

Telp. 0251 – 8338074

Fax. 0251 – 8332870

Email : kanim_bogor@imigrasi.go.id

Website : http://bogor.imigrasi.go.id

Indahnya Berbagiiiiii

Baca juga ya tulisanku :

Membuat Papor itu ,udah dan Praktis

24 thoughts on “Penambahan Nama pada Paspor

  1. mbak, selain nama ayah boleh ga? misalnya nama saya dari “Arif Budiman” menjadi “Arif Dan Budiman”? Makasih.

  2. mbak, selain nama ayah boleh ga? misalnya nama saya dari “Arif Budiman” menjadi “Arif Dan Budiman”? Makasih.

    • Ini pertanyaan serius atau becanda nih? hehe.
      Untuk penambahan nama seperti yang bro arief sebutkan di atas asal bro arief bisa menunjukkan bukti legal misal KTP atau KK bro Arief ke petugas kanim, kemungkinan bisa. Tapi untuk jawaban pastinya silahkan hubungi kanimnya langsung bro.

  3. mbak saya nikah di hk trus nama belakang saya sekarang ada nama suami. gmn caranya mbak bikin surat permohonan pergantian nama untuk di serahkan ke KJRI hongkong,. makasih info nya

  4. Mbak, aku mau nanya nih

    Kalo nambahin strip antara nama kedua dan ketiga gimana ya? Soalnya saya agak gak suka kalo nama kecil saya (nama belakang ) di jadiin nama panggilan keluarga selama saya studi di luar. Thanks!

  5. Kebetulan nama saya dan ortu satu kata, kalo mau nambahin nama kakek perlu dokumen pendukung nggak dari si kakek tersebut (kakek sdh meninggal), mohon penjelasannya.Thanks

  6. mbak, bentuk paspor yg sdh ada penambahan nama jadinya bgaimana? paspor lama kita diganti menjadi baru? atau, paspor lama kita hanya dibubuhi semacam stempel sj bgitu? terimakasih.

  7. Pingback: Jual Mukena Tania - Tips Fashion Muslim Terkini

  8. #Curcol sedikit mbak. Sebenarnya penambahan nama itu hanya berlaku bagi Indonesian, Malaysian dan Singaporean. Lucu kan. hanya kedutaan arab saudi di 3 negara ini yg mengharuskan 3 nama. sdangkan jika mau umroh atau naik haji dr luar negara ini bisa 2 nama bahkan 1 nama. Yang menjadi masalah itu ketika kita kerja sbg expatriate dan nama kita di passpor harus sesuai dgn semua dokumen2 kita…maka penambahan nama bahkan jika hanya endorsement pun tidak diperbolehkan. jd solusinya harus umroh atau haji dr negara lain.

    • Waah mantaap share-nya mba Rima, jafi nambah informasi. Aku malah baru tahu kobdisi seperti itu mba, thank ya. Trus klo case-nya mba rima, misal nama passpor udah 3 suku kata berarti musti ngilangin satu ya mba biar sama kaya di dokumen lainnya?🙂

  9. Mbak sy mau tny, klo mau hapus nama belakang di paspor apa bisa jg?
    Waktu itu sy buat paspor dgn di tambah nama belakang (krn sy dgr dr org2 utk buat visa hrs ad nama belakang), sekarang mau hapus nama belakangny jd sesuai dgn yg di akte lahir saja. Apa bisa? Kena biaya ga ya? Dan jadi dlm brp lama? Terima kasih

  10. Maaf sy mau tanya sy baru bikin paspor tp nama sy 2 suku kata,klo sy mau nambah jd 3 suku kata gmn?soalnya suami sy kebetulan bekerja disaudi arabia jd kata suami klo mau berkunjung pun sy hrnya bikin paspor yg 3 suku kata,sy jd binggung hrs gmn mba

    • Nama asli mba anggi yaitu anggi anggraeni ya? *lihat akun mba anggi hihi …. Nama anggi anggraeni berarti baru 2 kata, tambahkan satu kata lagi yaitu nama belakang ayah jadi nama mba anggi sudah 3 kata. Smoga membantu🙂. Kabar2 ya mba klo mw brgkat ke arab … Sapa tahu mba mw sekalian umroh … Mw titip doa😉. Syukron jiddan.

  11. Mba Mau tanya, tolong bingung sangat, saya mau pergi ke cina, kemudian ada 1 penumpang yg ada tambahan 1 suku nama dipage 4 passport, sy sudah terlanjur booking tiket dghanya nama di hal 1 passport, apa nanti ketika check in akan bermasalah??? tolong dibantu mba,

    • Saya pikir gak masalah mba vina. Apalagi klo visa-nya sudah jadi. Tinggal dijelaskan saja apa adanya. Klo misal mba vina mw tetep ngubah, mungkin mba bisa hub CS dari penerbangan yg mba pake utk revisi nama. Smangat yah🙂

  12. mba mau tanya dong, saya udah bikin paspor online…udah saya bayar tapi minta dirubah namanya menjadi 3 kata
    itu cara merubahnya gimana ya mba kalo lewat online? makasih🙂

      • Assalamualikum wrwb
        Halo mbk met kenal
        Sya mau tnya ni kenapa pergi ke oman harus pakai firts name dan last name di paspor depan.kbetulan suami dapat panggilan dari oman tapi katany harus ada last name di paspor depan.pdhal udh bkin penambahan nama di belakang.imigrasi bilang klu ke timur tengah itu udah bisa.tp dr compny oman tetep gak bisa..
        Gimana ya cara untuk nambah nama di depan …mohon infonya Trimakasih.kami tunggu infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s