Cara Hidup Lebih Sehat dengan Konsumsi “Infused Water”

ANDA MERASA KURANG KONSUMSI AIR PUTIH? ATAU BAHKAN GAK SUKA MINUM AIR PUTIH?  Anda tidak sendirian, saya juga termasuk yang konsumsi air putihnya kurang (sebelum saya mencoba konsumsi “infused water”). Infuse Water bisa menjadi cara lain untuk mengkonsumsi air putih.

infused water

Infused Water

Penulis adalah seorang tea addict yang pasti setiap hari minum teh dan sangat sedikit sekali konsumsi air putihnya, bisa dibilang sehari hanya 500 ml air putih. Sejak mengenal Infused Water, saya merasa konsumsi air putih lebih asik dan enak. Bahkan saat ini saya bisa mangkonsumsi air putih sampai dengan 2000 ml per hari, WOW!!!. Dan tetap mengkonsumsi teh namun dengan jumlah lebih sedikit karena kebutuhan air sebagian tercover oleh infused water.

APA SIH INFUSED WATER ITU?

Infused water adalah air putih yang ditambahkan dengan beberapa potongan buah, bahan-bahan herbal atau rempah-rempah tertentu sehingga air putih beraroma dan mempunyai rasa seperti campuran yang ditambahkan serta mempunyai manfaat kesehatan.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT INFUSED WATER?

Pembuatan Infused Water sangatlah mudah dan praktis, yaitu :

1. Siapkan bahan-bahannya berupa : Air putih siap minum kira-kira 1 Liter, Jar transparan bertutup, potongan buah-buahan yang akan digunakan sebagai campuran, misal setengah buah lemon, 5 – 8 lembar daun mint, melon, strawberry, dll.

2. Masukkan air putih dan buah atau rempah ke dalam jar, tutup rapat jar dan selanjutnya diamkan selama 2 jam dalam lemari es (refrigator bukan freezer biar gak beku airnya). Dan infused water siap dikonsumsi. Lebih segar lagi jika infused water disimpan dalam lemari es 5 – 6 jam, selain sari buah lebih meresap, lebih banyak nutrisi yang tercampur dan pastinya lebih segar.

3. Buah yang telah dipakai untuk infused water sebaiknya tidak dimakan karena kondisi buah tidak segar lagi, proses oksidasi dan pastinya sudah tidak berasa karena sari-sari buah telah tercampur dalam air putih.  Saat proses oksidasi beberapa zat gizi juga hilang.

BUAH dan BAHAN-BAHAN HERBAL APA SAJA YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT INFUSED WATER?

1. Untuk jenis buah-buahan pilihlah buah yang keras dan tidak manis, misal lemon, jeruk nipis, jeruk sunkist, mangga, pepaya mengkal, pear, stawberry.

2. Bahan-bahan herbal berupa : Jahe, cengkeh, kayu manis, vanili, daun mint.

infused-water

iw

Infused water (gambar diunduh dari mbah google)

BUAH-BUAHAN APA YANG KURANG COCOK UNTUK INFUSED WATER?

1. Buah-buahan lembek kurang bagus untuk dijadikan infused water seperti : pisang, alpukat, pepaya matang, duren.

2. Semangka karena kandungan airnya yang tinggi dan mudah hancur.

3. Buah apel karena mudah teroksidasi.

4. Buah nangka karena kandungan alkohol yang tinggi.

APAKAH INFUSED WATER TAHAN LAMA?

Tergantung dari buah atau bahan herbal yang digunakan, jika disimpan di lemari es infused water bisa bertahan 3 – 5 hari, apalgi jika menggunakan pengawet alami seperti jahe, kayu manis, cengkeh bisa bertahan sampai dengan satu minggu.

APAKAH JIKA AIR INFUSED WATER HABIS MASIH BISA DIISI ULANG?

Bisa. Jika Infused water anda habis maka jar anda bisa diisi ulang lagi dengan air putih dengan batas maksimum 24 jam. Jika anda ingin menambahkan potongan buah lagi apakah bisa? Bisa, silahkan.

APA KHASIAT KHUSUS DARI INFUSED WATER?

Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air putih di dalam tubuh, infused water juga mempunyai khasiat khusus untuk kesehatan yaitu :

1.  Green Tea, Mint, Lime –> Untuk pembakaran lemak (Fat Burning) , memperbaiki fungsi pencernaan (Digestion & Congestion), peredam rasa sakit kepala (Headaches), dan memperbaiki fungsi pernafasan (Breath Freshener).

2. Strawberry, Kiwi –> Untuk kesehatan jantung (Cardiovascular Health), pertahanan sistem imun tubuh (Immune System Protection), menjaga kestabilan kadar gula darah (Blood Sugar Regulation), dan memperbaiki fungsi pencernaan (Digestion).

3. Cucumber, Lime, Lemon –> Untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh (Water Weight Management & hydration), Bloating, Menahan rasa lapar (Appetite Control), memperbaiki fungsi pencernaan (Digestion).

4. Lemon, Lime, Orange –> Untuk penyerapan vitamin C (Digestion Vitamin C), daya tahan tubuh (Immune Defense), nyeri uluhati akibat gangguan pencernaa (Heartburn). Catatan : Untuk infused water ini diminum pada suhu ruangan.
Info dari berbagai sumber
~ MAKE YOURSELF HEALTHIER BY CONSUME INFUSED WATER ~
Infused water
(Gambar diunduh dari mbah google)

23 thoughts on “Cara Hidup Lebih Sehat dengan Konsumsi “Infused Water”

  1. mau nanya, apakah ampuran buah yg bisa digunakan hanya itu saja? atau ada campuran lain? dan bagaimana dengan khasiatnya? makasih banyak yaaa..

  2. Saya prnah coba lemon sam kiwi tp kok pas di minum pait banget . kalo mau bwt ini kulit lemon / jeruk dibuang atau tidak

    • Kulit jeruknya gak usah dibuang. Rasa pahit mungkin karena jeruknya kebanyakn (efek dari kulit). Untuk membuat 2 liter infused water 2 slice cukup. Tambahkan sedikit daun mint biar terasa lebih segar🙂

    • Untuk jar khusus biasanya di toko alat rumah tangga misal Ace Hardware atau bi sa juga menggunakan botol lainnya yang bening, bisa juga pake tupperware slim line 2 liter (klo bingung nyari tupperwarenya … bisa kontak penulis *eh promosi hihi).

  3. Iyya neh enak banget buat diet, aku tiap hari bikin infused water pake jeruk sunkist dan kayu manis, sebulan sudah turun 4kg berat badan saya.. Kalo mbak-mbak diatas ada yg ngerasa infused waternya pait biasanya sih efek dr kulit jeruknya, coba aj dikupas sedikit kulit jeruknya..

  4. Infused water memang memiliki segudang manfaat ya. Selain dapat menjadi alternatif dalam membiasakan minum air putih, kandungan gizi dan vitaminnya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s