Semangat Terbakar di Kerja Nyata #KerjaBakti @FestivalGIM 2013

#KerjaBakti FESTIVAL GERAKAN INDONESI MENGAJAR (FGIM).

Bravo, bangga, standing applause, dan beribu -ribu pujian untuk kegiatan positif tersebut. Salut dengan relawan yang tak henti dengan penuh semangat bekerja keras tanpa kenal waktu dan lelah sampai adanya kagiatan  FGIM tanggal 5 dan 6 Oktober 2013 di Ecopark – Ancol,  Jakarta.

Fgim 7

Gambar 1. Salah satu sudut Ruang di acara FGIM

FGIM sendiri adalah sebuah kegiatan yang dipelopori oleh Yayasan Indonesia Mengajar  dan digerakkan oleh para sukarelawan tanpa melibatkan EO (Event Organizer) dan bisa sesukses itu, WOW !!!!. Para relawan terdiri dari relawan panitia yang bekerja secara sukarela sejak sebelum hari H dan relawan #KerjaBakti  yang bekerja secara sukarela di hari H. Inti dari kegiatan FGIM adalah usaha meningkatkan mutu pendidikan anak bangsa yang ada di SD pelosok nusantara melalui #KerjaBakti membuat media-media belajar berupa kemas-kemas sains, menulis surat semangat, video profesi, kemas-kemas buku terbaik di  wahana kotak cakrawala, dll.

Ribuan para relawan berbondong-bondong di hari Sabtu  tanggal 5 Oktober 2013 dan Minggu 6  Oktober 2013 dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB. Melihat semangat mereka dan antusias mereka menikmati setiap wahana, membakar semangat saya.

Fgim 2

Gambar 2. WAHANA KOTAK CAKRAWALA, yaitu kemas-kemas buku terbaik.

fgimGambar 3. WAHANA KEMAS-KEMAS SAINS

Fgim 5Gambar 4. KOTAK TEMPAT SURAT SEMANGAT MASING-MASING DAERAH

Fgim 3Gambar 5. PESAN DAN KESAN RELAWAN DI WAHANA KEPING PEDIA

Fgim 6

Gambar 6. AULA SEKOLAH

Awal bergabung menjadi relawan adalah sebagai berikut …. *Let’s Go!*

Saat mendengar kata Relawan, entah kenapa saya sangat tertarik apalagi untuk urusan pendidikan. Berawal dari email yang dikirim oleh tim Kelas Inspirasi Depok yang memberitahukan bahwa akan ada kegiatan Festival Gerakan Indonesia Mengajar atau yang disingkat dengan Festival GIM. Pada email tersebut disampaikan bahwa mereka membutuhkan “Relawan Panitia”,tanpa pikir panjang pun akhirnya mendaftarkan diri sebagai “Relawan Panitia” sebagai tim engagement. Kerjanya hampir mirip dengan tim sosialisasi namun kita fokusnya pada kantung-kantung yang lebih besar seperti komunitas-komunitas, ataupun organisasi-organisasi tertentu.

Singkat cerita akhirnya saya masuk tim engagement, namun sangat iri dengan teman-teman yang setiap hari rabu bisa selalu rapat di Base Camp Rumah Inspirasi di Galuh pasca office hour dan all out demi Festival GIM. Sedangkan saya terkendala jarak, tinggal dan kerja di bogor perbatasan Sukabumi jadi kurang memungkinkan untuk mengikuti meeting di malam hari dan weekdays pula, Hufff!!!. Jadi hanya bisa memantau via milis dan mengikuti meeting saat weekend. Tapi jujur, walaupun lebih sering memantau dari milis, semangat mereka para relawan panitia  terlihat jelas dan ikhlas sepenuh hati dan semangat mereka membakar semangat saya untuk lebih aktif lagi dan terus terus turun dan terus turun tangan semampunya. Dengan satu tujuan “Masa Depan Bangsa”.

Yeah, finally pada suatu sabtu di Soehanna Hall – Medco Energy Building saya bertemu dengan teman-teman satu tim engagement yang dikoordinir oleh mas Kiki. Alhamdulillah orangnya welcome banget dan teman-teman lain yg ramah dan baik hati juga seperti Maya dan Dhani. Di tempat tersebut bertemu juga dengan Jeanny, Bu Evi, Pak Hikmat, mba Atiek, dll. Saya diberi kepercayaan untuk mengajak  komunitas-komunitas di seputaran Jabotetabek, trimakasih sudah memberikan kepercayan itu. Walaupun tidak bisa seaktif yang lain setidaknya berusaha semampunya dan tekad yang kuat untuk terlibat mensukseskan FGIM.

Menikmati teriknya matahari di Monas saat acara 1000 Salam Asean dan panasnya Eco Park saat acara Kalbe Junior Science Fair 2013 untuk mensosialisasikan kegaiatan FGIM bersama petra dkk. Seruuuu dan sesuatu banget … dibutuhkan perjuangan dan keikhlasan semua para relawan sampai pada akhirnya ada kegiatan FGIM.

Saat hari -H tepatnya hari ke-2 lebih seru lagi, saya masuk ke dalam tim kotak cakrawala. Trimakasih mba Ti-je, Oscar, Ikes, Arya and tim kocak (Kotak Cakrawala) yang sudah mengizinkan saya bergabung di tim kalian dan mengacak-acak #eh membantu maksudnya. Semua tim KoCak heboh, seru, enerjik dan penuh semangat. Tepuk tangan yang sangat meriah juga untuk kalian dan kita semua.

Relawan FGIM 2013Gambar 7. Penulis sedikit narsis di depan Wahana Kartu Pedia

Harapannya semoga bisa ikut terlibat pada kegiatan FGIM berikutnya, bisa lebih aktif  dan bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak dan makin banyak lagi yang terlibat di acara tersebut serta semoga FGIM menjadi inspirasi untuk makin banyak kegiatan-kegiatan seperti FGIM. Keep Rock & Roll guys !!! .

 IDE SEDERHANA DAN DILAKUKAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT OLEH ORANG BANYAK  LEBIH BAIK DARIPADA IDE BESAR YANG TAK ADA AKSI NYATA .

Tulisan terkait :

LADANG KEBAIKAN, Turun Tangan Sehari di #KerjaBakti @FestivalGIM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s