Pengalaman Pertama Menggunakan Pesawat @IndonesiaGaruda, Untungnya Gak Pake Katrok!

GALucky Me. Yeah !!! Why, hari ini adalah Dinas Luar kota saya yang pertama. Kemanakah? Balikpapan, Kalimantan Timur. Its sound was so great, apalagi pas tahu penerbangannya pake Garuda Airways (GA). Lengkaaap dah. Ups by the way … ini pengalaman pertama naik GA nih, sebelumnya belum pernah naik pesawat non budget. Beruntungnya ada seorang sahabat yang sudah wara-wiri naek GA ngasih tips perbedaan menggunakan pesawat budget dan non-budget seperti GA, dan tips tersebut sangat bermanfaat banget. Membuat saya lebih PeDe alias percaya diri saat naik pesawat tersebut, gak keliatan katroknya hahaha!!!.

Pesawat yang saya gunakan GA economy class, tapi ya tetep lumayan bangetlah. It was free, thank my lovely institution. Mau donk Dinas Luar lagi … Luar daerah, mau Luar Negeri juga boleh bangeets *Ups ngelunjak*😉.
Kurang lebih pengalaman saya menggunakan pesawat GA saya tuangkan dalam tulisan ini dalam bentuk Tips, so barangkali ada rekan-rekan pembaca yang baru pertama kali menggunakan pesawat GA bisa menambah ke-PeDe-an pembaca saat menggunakan pesawat ini.

1. Terminal keberangkatan Pesawat GA Bandara Soekarno Hatta (Soetta) ada di Terminall 2F. Ini sesuai dengan saat ini, jika nantinya da perubahan insyaAllah di up date.
Kalo gak tahu terminalnya dimana, kalo pas naik Bus Bandara DAMRI tinggal menyampaikan ke kondektur bahwa akan turun di terminal 2F, mereka baik banget koq. Untuk memastikan bisa ditanyakan kembali ke kondektur “apakah penerbangan dengan GA turun di terminal keberangkatan 2F?”.
2. Di Bandara Soetta Terminal 2F, terminal keberangkatan ada di Lantai 2. Silahkan naik lift atau tangga yang disediakan.
3. Harga tiket pesawat GA sudah termasuk harga Airport Tax, so setelah check in tidak perlu membayarnya dan tidak ada biaya tambahan jika mengguankan fasilitas bagasi.
4. Jika salah satu dari Anda tidak membawa ID card, maka setelah check in anda akan diarahkan ke help desk untuk membuat surat pernyataan bermaterai.


5. Saat check in anda akan diberi tahu selanjutnya anda masuk di Gate berapa, saat itu saya diarahkan ke Gate 7 (kalo gak salah inget).
6. Saat Boarding pass, maka akan kita lihat bahwa kartu kita ada stiker dengan warna merah, hijau, atau ungu. pada stiker tersebut menunjukkan barisan tempat duduk kita, misal pada kartu saya bertempel stiker merah dan tertulis “front line” >> hal tersebut menunjukkan bahwa saya duduk di bagian pesawat agak depan, yaa sebelum sayap.
7. Dan petugas akan mengarahkan, mana dulu yang akan dipanggil. Misal dari stiker warna hijau (barisan belakang), next yang berstiker ungu (barisan tengah pesawat) dan berikutnya stiker merah (barisan depan pesawat).
8. Saat memasuki pesawat anda akan di sapa dengan sangat ramah, dan beberapa langkah dari pintu masuk ada koran yang bisa anda ambil (free), jika anda sudah kadung duduk di kursi dan anda ingin koran untuk dibaca silahkan tinggal disampaikan ke pramugari dan sang pramugari dengan ramahh akan membawakan koran yang anda minta.
9. Saat Pramugari menawarkan permen, silahkan ambil sajah mau satu biji ataupun segenggam. It is free alias gak bayar.
10. Saat Pramugari menawarkan makanan besar maupun snack dan minuman, silahkan ambil saja. Those are free too. Bahkan untuk minum-nya bisa pilih sesukanya, air putih/susu/ jus/minuman bersoda/ pake es ataupun tanpa es.
11. Kemarin pas saya ditawarin makanan oleh pramugari, saya pilih nasi goreng + ayam berbumbu. Dan ternyata selain diaksih nasi goreg + ayam berbumbu, satu paket mendapatkan dessert berupa puding mangga dan enyak rasanya. Untuk minumnya saya pilih jus mangga. Hmmm nom nom nom!
12. Di depan anda, tepatnya di atas meja ada layar yang menampilkan/ memperagakan savety guide (cara pengunaan seat belt/ sabuk pengaman, cara pengunaan pelampung,cara penggunaan masker). Selain itu, layar tersebut juga berfungsi sebagai entertaining yaitu untuk hiburan. WHY??? karena kita bisa mendengarkan musik dengan berbagai pilihan (pop, jazz, klasik, dll), menonton film, membaca informasi. WOW salut dan bangga dengan GA bahkan ada menu pilihan untuk mendengarkan murotal (bacaan Al Qur’an), really like that part. Jadi bisa sambil nambah hafalan Qur’an.
13. Untuk headphone disediakan di depan tempat duduk anda, dan colokan (apa ya bahasa bakunya “colokan”? headphone ada di bawah sandaran tangan kanan anda.
Perjalanan kita pun berasa nyaman dan aman.
14. Saat take off dan landing berasa halus, beberapa kali naik pesawat kadang adakalanya saat take off dan landing berasa kasar.

Kurang lebih pengalaman pertama naik pesawat GA seperti itu, smoga dapat menambah informasi bagi yang membutuhkan. INDAHNYA BERBAGI.
Semoga next flight GA ke Mekah dan Madinah ya, Aamiin ya Mujiib *sambil baca sholawat nabi*

2 thoughts on “Pengalaman Pertama Menggunakan Pesawat @IndonesiaGaruda, Untungnya Gak Pake Katrok!

  1. Semoga next flight GA ke Mekah dan Madinah ya, Aamiin ya Mujiib *sambil baca sholawat nabi*….Amin Insya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s