Kecanduan untuk Menginspirasi Para Siswa SD | @KlsInspirasiBGR

KIBSaat melihat wajah mereka, tidak hanya senyum dan tawa mereka yang terlihat. Namun masa depan bangsa kita yang tercinta, bangsa Indonesia. Mereka adalah penerus perjuangan selanjutnya.

11 September 2013, adalah Hari Inspirasi di daerah Bogor, Tangerang, dan bekasi. Saya bersama 11 orang relawan pengajar lainnya dari berbagai profesi dan dua orang fotografer tergabung dalam Kelompok Kelas Inspirasi Bogor. Dan hari itu kami menginspirasi para siswa SD Nanggewer 01 Kabupaten Bogor. Melalui Kelas Inspirasi Ini, para inspirator dari berbagai profesi memperkenalkan profesinya masing-masing kepada siswa SD, selain ada profesi dokter dan guru yang menjadi favorit ada juga profesi lain seperti apoteker, peneliti, pegawai bank, fotografer, ahli gizi, dll. Kami mengisnpirasi para siswa SD untuk mempunyai cita-cita setinggi langit, pantang menyerah untuk mencapai cita-citanya, selalu jujur, mohon doa restu dari kedua orang tua dan guru, serta melibatkan Allah.

Pernah mendengar sebuah kalimat “Hari ini adalah hasil dari apa yang kita perbuat hari kemarin dan hari esok adalah hasil dari apa yang kita perbuat hari ini”. Semoga hari itu para siswa SD Nanggewer 01 mendengarkan dan menyimak kalimat-kalimat inspirasi dari kita dan akan tertanam sampai nanti hingga nanti mereka menjadi orang hebat, orang besar, orang sukses. Dan merasa sangat senang sekali bahwa kita menjadi salah satu yang menginspirasi mereka, walaupun nanti mereka tidak ingat dengan kita dan kita pun tidak tau bahwa mereka menjadi orang hebat.

Ada cerita seru saat menginspirasi kelas 3B, it was unpredictable. Saat pertama masuk kelas tersebut saya masih bermanis-manis menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan. Namun setelah waktu berputar, kelas mulai rame, gaduh, siswa berlarian kesana kemari. Akhirnya pun senjata terakhir saya keluarkan, yaitu sedikit lebih tegas. Alhamdulillah anak-anak terkondisikan dan lebih aman sedikit.
Eits ada satu siswa yang sangat unik, Bagus namanya. Dia bisa dibilang hiperaktif, bandel, dan entah kata apa yang bisa mendeskripsikan dia. Tapi dia pemberani, bukan pemalu dan akhirnya pun saya kasih superman woosshh ke Bagus.

Cerita saya di kelas 3B tidak hanya sampai disini. Ada cerita yang lebih seru lagi, di menit ke 20 ada seorang siswa yang menangis karena tangannya yang pasca kecelakaan tersenggol oleh Bagas dan akhirnya sang siswa tersebut pun menangis, sebutlah sang siswa bernama Fikri. Saya pun menghampiri Fikri dan menenangkan dia. Belum selesai menenangkan Fikri, salah seorang siswa dari belakang memanggil saya “Ibu, ada yang nangis lagi di belakang. Sebutlah namanya Yogo” | Oh my God !!! dan again … ada yang nangis lagi. Wow wow wow … tiga orang menangis sekaligus dalam waktu satu jam pelajaran. Ya Allah please help me, ternyata tidak mudah mengajar anak SD. Bagaimana dengan bapak ibu guru yang mengejar mereka setiap hari ya?!.

Tapi so far saya sangat senang dan bangga, karena dari tiga kelas yang saya masuki semua siswa menyebutkan cita-citanya dengan lantang dan tak seorangpun siswa yang tidak mempunyai cita-cita. WOW hebat sekali mereka, semuanya mempunya cita-cita!!!.

KIB jgSebelum Kelas Inspirasi berakhir, para siswa diberi kesempatan untuk mengucapkan dengan lantang cita-citanya sambil menempel pohon cita-cita di perpustakaan sekolah dan meneriakkan kata “AKU BISA”. Yes!!! AKU BISA ! KAMU BISA! dan KAMI BISA!!!. (Pohon cita-cita adalah pohon tempel semacam wall paper).

Flashmob dengan latar lagu “Laskar Pelangi” di lapangan upacara yang dipimpin oleh Para Relawan meramaikan kegiatan ini.
|Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia|
|berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihny|
|Laskar pelangi …..|
Suara Nidji menggema di lapangan dan para siswa pun bergerak serentak ber-flashmob ria sambil menyanyikan lagu tersebut.

Final touch yaitu full colour hand stamp para siswa SD diatas kain putih yang disediakan oleh para relawan. PERFECTO !!!

Begitu haru biru menjadi inspirator para siswa SD, susah senang sangat berkesan dan bahkann ingin selalu menginspirasi mereka. Semoga ada kesempatan ke-2, ke-3 dan seterusnya untuk selalu bisa menginspirasi  mereka para penerus bangsa. Ternyata tidak hanya kopi atau teh yang bikin candu tapi menginspirasi siswa SD sehari juga bikin candu.

Tertarik untuk menginspirasi para siswa SD seperti kami??? Silahkan kunjungi website Kelas Inspirasi atau Twitter Kelas Inspirasi @KelasInspirasi

BANGUN MIMPI ANAK INDONESIA !!! PASTI BISA !!!!

Cerita Lainnya :
Mengisnpirasi Para Siswa SD Tugu 09 Cimanggis Melalui Profesi Kelas Inspirasi Depok

2 thoughts on “Kecanduan untuk Menginspirasi Para Siswa SD | @KlsInspirasiBGR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s