Merencanakan Keuangan #FinancialPlaning #Balancing

Balancing-Apples-OrangesApakah perencanaan keuangan sangat diperlukan? Dan sejak kapan kah sebaiknya memuai merencanakan keuangan?
Jawabannya : YA betul sekali bahwa kita memerlukan perencanaan keuangan agar kondisi keuangan kita selalu sehat. Dan merencanakan keuangan sebaiknya dimulai sejak dini, anak sekolah, mahasiswa, karyawan, apalgi pengusaha. Semuanya harus direncanakan. Jika kemarin anda belum membuat perencanaannya, maka mulailah sekarang. Bukan bermaksud menggurui, namun sekedar memotivasi para pembaca untuk mempunyai keuangan yang terncana dengan baik dan keuangan kita semua sehat. Aamiin.

Penulis bukanlah seorang ahli di bidang financial namun pernah mengikuti sharing dari seorang financial planner ‘Aidil Akbar’, memperoleh informasi dari internet dan kawan yang ahli di bidang financial. Berdasarkan sharing dari seorang kawan dan seoranag financial planner terkait pengaturan keuangan adalah sebagai berikut :
1. Pisahkan antara keuangan pribadi/ keluarga dengan keuangan usaha/ bisnis. Dalam hal ini, pisahkan juga rekening tabungannya.

 2. Bukalah minimal dua rekening tabungan untuk keuangan pribadi/ keluarga, yaitu satu untuk kebutuhan sehari-hari dan satunya khusus untuk tabungan atau investasi.
3. Pembagian keuangan dalam persentase, idealnya adalah :
~ 30 % = untuk cicilan (rumah, motor, dll)
~ 30 % = saving (termasuk investasi)
~ 40 % keperluan sehari-hari (konsumsi)
4. Untuk membantu dalam pembuatan perencanaan keuangan, bisa memanfaatkan aplikasi perencanaan keuangan. Saat ini sangant banyak aplikasi yang ditawarkan dari mulai yang gratis sampai dengan yang berbayar. Salah satu aplikasi yang bisa di download gratis adalah program AceMoneyLiteSetup, untuk mendownload bisa buka webnya MediaFire tepatnya di AcMoneyLiteSetup

Silahkan download aplikasi tersebut dan praktekkan, semoga membantu para pembaca semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s