Melestarikan Budaya Melalui Bermain Musik Kolintang

Grup Kolintang Staf FemalMusik Kolintang, tradisional banget ya ! Musik kolintang memang musik tradisional namun mempunyai nilai lebih karena musik kolintang adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia, yaitu alat musik yang berasal dari Minahasa (Sulawesi Utara). Dari situlah maka beberapa rekan staf di kantor kami membentuk Grup Musik Kolintang Staf Female (belom ada nama Grup-nya, lagi cari inspirasi). Dan saya pun tergabung dalam grup tersebut.
Mari saya perkenalkan masing-masing dari kami, terdiri dari 11 orang : Rael & Kiki pegang Melody, Ratna & Indri pegang Bass, Titik pegang bongo, Mega, Desty, Guni, & saya pegang Rhytme, Chetty sebagai vokalis. Seperti apa sih masing-masing alat tersebut? Nanti kita bahas lebih lanjut ya🙂.

Berhubung kami semua adalah pemula maka kami pun bermain musik kolintang dengan panduan seorang guru yang ahli di bidangnya yaitu bro Bonny. Semoga beliau sabar mengajari kami-kami, Aamiin. Bagi saya sendiri sebenarnya bukan hal yang asing untuk bermain musik kolintang karena saat di bangku SMA saya tergabung dalam ekstrakulikuler seni musik dan salah satunya memainkan alat musik kulintang, dulu saya pegang bass *sambil bernostalgia*😉.

Selasa, 20 Agustus 2013 pukul 19.30 – 20.00 wib adalah menjadi latihan perdana kita. Setiap anggota grup diwajibkan membawa alat tulis untuk catatan masing-masing selama sesi latihan. Latihan dimulai dengan pengenalan alat dan nada-nada dalam kulintang. . Selanjutnya kami pun mulai mempraktekkan masing-masing nada dan mencoba dua lagu yaitu  lagu “Apuse” sebuah lagu daerah dari Irian Jaya dan sebuah lagu dari the Cranberries.

Yuk sekarang saat -nya sharing nama-nama alat musik kolintang beserta nada-nadanya.

Jenis alat musik  (pic-nya nyusul ye, mudah-mudahnan bisa segera uplod) :

Melody :

Bass :

Rhytme :

Bongo :

Nada dalam musik kolintang adalah :

Nada nada dalam alat kolintang sebagai berikut:

C   =    1    3    5          Cm     =       1    2    5

D   =    2    4    6          Dm     =       2    4    6

E   =    3    5    7          Em     =       3    5    7

F    =    4    6    1          Fm      =       4    5    1

G   =    5    7    2          Gm     =       5    6    2

A   =    6    1    3          Am     =       6    1    3

B   =    7    2    4          Bm     =       7    2    4

Apakah harus hafal dengan nada-nada tersebut? Jawabannya adalah “YA”. Sealain itu kita juga harus berusaha merasakan setiap lagu yang dibawakan oleh vokalis dan menyesuaikan setiap nada -nya sehingga terjadi perpaduan yang pas antara musik dan suara vokalis dalam setiap lagu yang dibawakan.

Menurut saya, lagu-lagu yang dibawakan dengan musik kulintang sangat cocok berupa lagu-lagu yang semangat. Next, latihan kedua kami, kami akan membawakan lagu ” Rame-rame” dari Ambon dan “Mars BNN” lagu kebanggaan kami tempat kami bekerja.

Yuk guys mari lestarikan budaya kita agar budaya kita selalu tumbuh dan menjadi negeri yang kaya akan budaya termasuk alat msuik tradisional  :).

                     Keanekaragaman Budaya Kita adalah Kekayaan Negeri Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s