Menginspirasi para siswa SD Tugu 09 Cimanggis melalui Profesi. ‘KELAS INSPIRASI DEPOK’

Kelas Inspirasi DepokCimanggis Depok, 18 Juni 2013. LANGKAH MENJADI PANUTAN, UCAP MENJADI PENGETAHUAN, DAN PENGALAMAN MENJADI INSPIRASI.

Berawal dari semangat untuk berbagi, berbagi kebaikan, berbagi ilmu dan berbagi kebahagiaan.Dan alhamdulillah diberikan jalan untuk memotivasi para siswa SD untuk mempunyai cita-cita yang tinggi melaui KELAS INSPIRASI (KI). KI adalah suatu gerakan positif yang berusaha meningkatkan kualitas bangsa Indonesia yang melibatkan para profesional dan para siswa SD. Para profesional mengajar sehari para siswa SD dengan memperkenalkan profesi masing-masing.

Ini adalah dua kalinya saya mendaftar sebagai volunteer pada kegiatan ini dan kali ini adalah kali pertama mendapatkan email balasan. Hati sungguh senang tak terkira karena dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

BRIEFING

Acara ini diawali dengan Briefing para volunteer di Gedung Juono Sudarsono Kampus FISIP UI DepokPukul 13.00 s.d. Kelas Inspirasi Depok again16.30 WIB  oleh Bp. Anies Baswedan dan  para Pengajar Muda  yang pernah mengajar selama satu tahun di SD-SD terpencil. Pak Anies membakar semangat para volunteer untuk menularkan semangat dan meningkatkan motivasi ara generasi penerus bangsa untuk mempunyai cita-cita setinggi langit sehingga masa depan Bangsa Indonesia lebih cerah. Beliau menekankan bahwa kita harus menularkan PRINSIP, yaitu : integritas, kejujuran, pantang menyerah, dan doa restu orang tua. Dalam mencapai sesuatu, dibutuhkan usaha, kerja keras, doa kedua orang tua dan menjunjung nilai kejujuran.

Mas Yudhi (sebutlah seperti itu, karena saya lupa) dari Pengajar Muda memberikan tips dan trik dalam menghadapi dan mengajar para siswa SD. Selalu memberikan reward kepada siswa baik yang menjawab benar maupun salah, meberikan reward kepada siswa yang berani maju ke depan, mengakui salah, mau membantu pak guru atau bu guru. Reward tidak hanya dalam bentuk materi namun bisa dalam bentuk tepuk tangan, ataupun kalimat positif, pujian, dll. Kita harus menyampaikan informasi dengan bahasa yang ringan, mudah dipahami namun mengena pada inti. Dan kita juga menyiapkan mental karena pertanyaan anak-anak SD biasanya bikin kita speechless, gak PD, dll.

Selain itu terdapat juga volunteer untuk fotografer dan videografer, mereka mendapatkan briefing tambahan. Isinya apa? Entah saya juga gak tahu. Intinya dalam satu kelompok terdapat pengajar dan 1 foto grafer dan 1 videografer namun ada juga yang tidak ada videografernya karena jumlah volunteernya tidak sebanyal volunteer pengajar.

Kelompok 14, yaitu kelompok saya terdiri dari 10 pengajar dari berbagai profesi dan 1 fotografer. Mereka adalah : Pak Hastono (Ketua suku Klp.14) sebagai radiografer, Pak Rofik sebagai Kontraktor (apa ya bahasa yang tepat, yang jelas beliau lulusan Teknik Sipil gak mungkin kan saya sebut sipilist hihihi), Pak Oliver sebagai ahli komputer (TI) nah klo udah denger atau baca berbau IT jadi inget yang lagi di yurop nih huhuhu, Bu Gardin sebagai peneliti, Bu Ika sebagai apa yaa? Lupa niiihh hehehe, Bu  Iwid sebagai penulis dan editor buku, Wulan sebagai arsitek, bu Chacha sebagai Guru Bimbel, Azizah sebagai Fotografer dan Izza (me) sebagai Ahli Gizi.

Saat briefing kami pun dipertemukan dengan perwakilan dari sekolah yang ditunjuk, kami bertemu, berkenalan dan berdiskusi dengan pak Wagiran sebagai perwakilan dari SD Tugu 09 Cimanggis Depok. Kami berdiskusi banyak hal, terutama tentang kondisi SD Tugu 09, jumlah murid, guru, kelas, dll dan kamipun membuat appoinment untuk silaturahmi ke SD Tugu 09 sebelum hari-H pelaksanaan Kelas Inspirasi.  Tanggal dan jam –pun kami dapatkan, yaitu hari Sabtu tanggal 15 Juni 2013 Pukul 10.00 WIB.

SURVEY KE SD TUGU 09

Misi berikutnya adalah survey ke SD Tugu 09. Meeting point di Mall Cimanggis pukul 10.00 WIB. Saya berangkat dari Lido, tempat tercinta kedua setelah rumah ortu di Tegal. Perkiraan 2,5 jam Lido –Cimanggis Cukup dengan sudah memperhitungkan macet namun diluar dugaan masih dibutuhkan waktu 30 menit lagi untuk macet sehingga total perjalanan 3 jam dan saya pun terlambat 30 menit. Alhamdulillah mereka masih menunggu, karena memang saya minta ditunggu hihihi.

Sekedar info tambahan, sapa tahu ada yang dari Lido mau ke Cimanggis naek kendaraan Umum. Minibus jurusan Sukabumi – Depok turun di Per-3 an Depok trus lanjut naek minibus jurusan Bogor – Kp.Rambutan atau naik angkutan kota warna biru nomor 41. Mall Cimanggis ada di sebelah kiri jalan. Kami  pun akhirnya bertemu di food court, mereka sudah menunggu kehadiran saya dan kamipun saling berkenalan karena memang sebelumnya tidak ada yang saling kenal. Ups ada beberapa orang yang suda bertemu saat acara briefing. Setelah saling berkenalan kami pun melanjutkan perjalanan ke Te-Ka-Pe yaitu SD Tugu 09. Owww ternyata tempatnya sangat dekat dengan Mall Cimanggis, cukup lewat pintu belakang mall (bisa juga melalui gang di samping mall) dan menyusuri gang saat ada per-3an belok kiri dan tidak jauh dari belokan terlihat SD Tugu 09 di sebelah kanan jalan.

Kami silaturahmi dan berdiskusi dengan bapak kepala sekolah, para bapak –ibu guru lainnya, keliling sekolah dan melihat situasi kelas dan murid-murid, melihat kantinnya (eh tapi dah tutup hehehe), dan melihat fasilitas sekolah yang ada, serta menanyakan kondisi murid, latar belakang orang tua mereka , dll.

Letak SD Tugu 09 ternyata berhadapan dengan SD Tugu 03 dan ternyata dahulunya adalah satu SD namun karen ajumlah murid yang sangat banyak sehingga SD tersebut dipecah menjadi dua yaitu SD Tugu 03 dan Tugu 09. Itu menandakan tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk sekolah meningkat. Aamiin. Smoga Indonesia semakin maju ke depan dan cemerlang.

selain itu,  yang tak kalah penting yaitu kita bikin action plan. Siapa mengisi di kelas apa dan berapa lama dan mau ngapain ja, smua harus jelas dan matang sehingga pas hari H tiba maka kita siap.

An INSPIRATION DAY

Hari-H, 18 Juni 2013. Kenapa saya sebut sebagai ‘An Inspiration Day”? karena satu hari tersebut kami bersemangat menginspirasi para siswa SD Tugu 09 untuk menjadi orang hebat dan besar.

Kelas Inspirasi DPK

Diawali dengan doa, kami bersemangat menginspirasi para siswa SD Tugu 09 seharian. Dan untuk memantapkan semangat kami breafing sekitar 10 menit. Dan langsung action.

Oiya sebelumnya perkenalkan dulu ya tim kami. Di kelompok 14 ini terbagi menjadi 5 tim pengajar dan seorang fotografer. 5 tim tersebut adalah : 1. Pak Oliver + Bu Gardin 2. Pak Rofik + Bu Wulan 3. Bu Iwid + Bu Win 4. Bu Chacha + Bu Ika dan 5. Pak Hastono + saya. Setiap satu tim mendapat satu jam pelajaran di setiap kelasnya dengan waktu jeda antar kelas 5 menit.  Bu Azizah sebagai fotografer tugasnya jeprat -jepret sana sini, dan ternyata beliau membawa rekannya yang notabene seorang kameramen dari Kompas TV … WOW, kegiatan kelompok 14 diliput Kompas TV da rencana akan tayang juga di TV tapi belum tahu kapan. *Ya merasa seneng dan bangga gitu deh karena denger kabar seperti itu hihihi*. Jreng jreng jreng …..

Akhirnya kami pun memulai Kelas Inspirasi tersebut. Tim 5 dimana Pak Hastono dan saya mendapatkan kelas 1 A. Terbayang kan mengajar anak kelas 1, hohoho Cemunguuuudh !!! Kami pun memulai dengan perkenalan dan berusaha untuk mendapatkan perhatian mereka. Jujur, tidak mudah untuk mengajar anak kecil dan lebih mudah mengajar orang dewasa. Dengan bekal sering memberikan seminar kesehatan kepada pasien dan pengalaman mengajar mahasiswa keperawatana tidaklah cukup karena anak-anak itu sangat unik. Mereka kan cuek terhadap kita jika mereka tidak suka ataupun sudah jenuh dengan apa yang kita sampaikan. Dan mereka sangat berapi-api ketika mereka sangat tertarik dengan apa yang kita sampaikan.

Sebagai contoh, ……. Saat mengisi kelas 1B. Pengalaman yang paling menggemaskan karena sempet dicuekin. Jam -jam akhir dan para siswa mungkin sudah lelah, mulut sudah bersbusa-busa namun dicuekin beruntungnya saya satu tim dengan pak Hastono yang pandai mebuat suasana jadi rame dan cair dengan games-games-nya . Thank u pak Hastono🙂.

Saat mengisi kelas atas (kelas 4, dan 5 ) mereka sudah lebih bisa tenang, mendengarkan kita, intinya lebih kooperatif. Dan jujur, saya sangat salut dengan smua siswa karena hampir smua siswa mempunya cita-cita. Ada yang ingin jadi guru, dosen, professor, Polisi, Polwan, TNI, pilot, ahli gizi dan terfavorit adalah ‘dokter’. Ada juga lho yang bercita -cita menjadi pengusa mpek-mpek, pengusa batubara, keren euy masih kecil sudah mengenal entrepreneur. Jempol untuk mereka smua.

Smoga dengan kedatangan kita, membakar semangat para siswa untuk bermimpi dan bercita-cita lebih tinggi dan menjadi orang hebat, besar kelak.

Di akhir acara kami mengajak para siswa untuk menuliskan cita-cita mereka dan menempelkannya pada papan yang sudah kami siapkan sambi meneriakkah ‘AKU BISA’. AKU BISA? Iya betul sekali, AKU BISA dan PASTI bis ameraih cita-cita-ku, cita -cita kami smua.

Sebenernya pengen nampilin modul mengajar yang diberikan panitia ‘Kelas Inspirasi” namun belom nemu caranya untuk attach file PDF disini. mungkin rekan-rekan ada yang tahu caranya, ditunggu share-nya. Makasih🙂

Bagi rekan-rekan yang ingin tahu lebih banyak terkait “KELAS INSPIRASI’  bisa pantengin TL-nya KI di :

FB Kelas Inspirasi Depok : https://www.facebook.com/KelasInspirasiDepok?fref=ts

FB Kelas Insiprasi : https://www.facebook.com/KelasInspirasi?fref=ts

                                                         MARI KITA BANGUN MIMPI ANAK INDONESIA

2 thoughts on “Menginspirasi para siswa SD Tugu 09 Cimanggis melalui Profesi. ‘KELAS INSPIRASI DEPOK’

  1. Pingback: Undangan sebagai Pengajar, Fotografer/ Videografer di Kelas Inspirasi Bogor/ Bekasi/ Tangerang #KelasInspirasi | My Notes

  2. Pingback: Saatnya Menginspirasi Para Siswa SD Melalui Profesi di #KelasInspirasiJawaTimur. Yuk Sahabat @KIJawaTimur | My Notes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s