Sarapan, penting gak sih? Ternyata sarapan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas

Sarapan SARAPAN PAGI, bagi setiap orang akan berkomentar berbeda jika membaca ataupun mendengar kata SARAPAN. Ada yang memang sangat membutuhkan karena terbiasa dengan sarapan dan sebagian lagi ada juga yang berkomentar ‘tidak baisa’.

Dari segi kesehatan, sarapan sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi. Energi untuk beraktivitas pagi itu maupun aktivitas siang hari dan malam. Bahkan sudah banyak penelitian terkait sarapan dalam hubungannya dengan tingkat produktivitas pekerja dan hubungan antara sarapan dengan tingkat konsentrasi pelajar.Dan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan.

So untuk para pekerja yang merasa kurang produktif atau para pelajar dan mahasiswa yang merasa belajarnya kurang optimla di pagi dan siang hari, mari kita evaluasi apakah saat pagi sudah sarapan? Jika jawabannya belum maka saatnya kita memulai dengan sarapan secara rutin do setiap pagi (kecuali saat berpuasa ya).

Sarapan Apa ya sebaiknya?

Sarapan biasa dilakukan pukul 06.00 – 08.00 pagi. Intuk sarapan tidak perlu yang ribet bahkan disarankan makanan untuk sarapan adalah makanan yang persiapannay sangat singkat, makanan simple bahkan jika anda tidak sempeat mempersiapkannya maka Anda bisa membeli di luar dengan tetap memperhatikan hygienen dan sanitasi-nya.

Contoh makanan yang sederhana dan persiapn sangat singkat adalah:

4 slice Roti tawar + selai kacang + segelas susu

1 – 2  buah apel + Susu

Nasi goreng + telor ceplok + kerupuk

2 biji sedang ubi + teh manis

Bubur ayam komplit

Terlihat diatas contoh – contoh makanan sederhana yang bisa dijadikan sebagai sarapan. Untuk sarapan baiknya dipilih makanan yang tinggi protein, karbohidrat cukup, lemak, vitamin dan mineral cukup. Proteindipecah oleh tubuh lebih lama sehingga dapat menahan lapar lebih lama sampai menunggu saatnya makan makanan ringan dan makan siang.

Saat sarapan tidak diharuskan dalam komposisi yang lengkap dalam hal ini nasi atau penggantinya, lauk hewani, lauk nabati, sayur, buah, dan susu.

Pola makan yang biasa digunakan orang Indonesia adalah sebagai berikut :

Pukul 06.00 – 09.00 Sarapan pagi

Pukul 10.00                  Snack

Pukul 12.00 – 14.00  Makan siang

Pukul 15.00                  Snack

Pukul 18.00 – 20.00 Makan malam

 

Ayo SARAPAN PAGI. Hidup lebih produktif dan sehat dengan SARAPAN PAGI🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s