Membuat Paspor itu MUDAH dan PRAKTIS

Mau bikin paspor  tapi bigung bagaimana caranya?

Ternyata MUDAH dan PRAKTIS lho bikin paspor. Cekidot !!!

paspor

Berdasarkan pengalaman penulis, membuat paspor ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Saat itu penulis membuat paspor di kantor imigrasi (Kanim) Bogor, di Jl. A. Yani no.65 Bogor. Tempatnya antara Plasa Warung Jambu – Air Mancur, kalo dari arah Warung Jambu tepatnya sebelah akanan jalan. Pas saat penulis ke Kanim Bogor sempat terlewat karena memang tempatnya agak tertutup pohon-pohon rindang, so kalo dari Warung jambu pelan-pelan saja gak usah pake ngebut sambil lihat sebelah kanan.

Untuk membuat paspor adalah sebagai berikut :

1. Pertama-tama tentunya cari info dulu apa syarat-syaratnya dan apa-apa yang harus dilakukan. Mbah google sangat membantu sekali dalam hal ini, atau Anda bisa kunjungi web-nya kantor imigrasi di http://www.imigrasi.go.id. Cari info sedetail-detailnya.

2. Siapkan dokumen yang diperlukan, yaitu :

Berkas asli meliputi : KTP, Kartu Kerluarga, Akta kelahiran, surat rekomendasi bekerja dari atasan (kalo yang bekerja).

Berkas Foto copy (masing-masing 1 lembar) : KTP, KArtu Keluarga, Akta Kelahiran.

Nb : dokumen-dokumen diatas harus yang masih berlaku.

3. Pendaftaran.

Baiknya, pendaftaran online dulu atau yang disebut dengan Pra-Pendaftaran Paspor. Caranya yaitu :

– Daftar di http://www.imigrasi.go.id

– dilanjutkan dg klik ‘Layanan Permohonan Paspor Online’

– Namun sebelumnya, baiknya Anda klik ‘Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online’ karena sangat banyak info yang di dapat pada bagian ini dan sangat detail sekali sehingga mengurangi resiko kesalahan dalam pendaftaran online, salah satunya dokumen-dokumen yang dipersiapkan file-nya harus hitam putih (grey scale) dan size-nya. (Linknya :

http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/general/faq.pdf)

– Setelah dirasa Anda memahami dg isi ‘Petunjuk Pengisian Layanan Paspor Online’, selanjutnya anda klik ‘Pra permohonan Paspor’. Pada bagian Ini, silahkan isi secara lengkap sesuai dengan form yang disediakan. Dan pada pengisian form tersebut terakhir anda juga akan diminta untuk mengisi tanggal kapan Anda bisa ke kanim untuk step selanjutnya.

– setelah pengisian formulir selesai, maka Anda akan mendapatkan bukti pendaftaran online dan tercantum juga waktunya kapan Anda harus datang ke kanim lengkap berupa hari, tanggal, dan waktu.

– Datang ke Kanim sesuai dengan yang dijadwalkan dengaan membawa dokumen yang disebutkan diatas, berupa dokumen asli dan foto Copy. Datang lebih awal akan lebih baik biar dapet antrian nomer awal karena biasanya di Kanim selalu ada aja yang membuat Paspor dll.

Sesampai di Kanim, inilah yang harus kit alukan :

a. Langsung saja beli Map khusus yang berisi sura pernyataan bermaterai (Klo gak salah harga 15ribu), klo gak tahu tempatnya bisa nanya ke security

b. Selanjutnya isi surat tersebut dan ditandatangani, dan masukkan ke Map yang tadi dibeli beserta fotocopy dokumen

c. Masukkan berkas/ dokumen map pada loket pengumpulan dokumen (lupa nama tepatnya)

d. Ambil antrian —> nunggu dipanggil untuk pembayaran (Bayar IDR 255.000 untuk PAaspor 48 halaman, IDR 105.000 untuk paspor 24 halaman). Bayar di loket pembayaran (tentunya setelah nama kita dipanggil)

e. Foto. Masuk ke ruang foto dan wawancara —> Foto (untuk Foto, tidak diperkenankan menggunakan topi,kupluk atau sejenisnya, klo jilbab diperkenankan. Baju atau kaos rapi dan berkerah kecuali yang berjilbab karena gak kelihatan, tidak diperkenankan menggunakan kaos atau baju tanpa berkerah)

f. Wawancara (Saat wawancara ditanya alasan membuat paspor, jawab saja apa adanya misal mau travelling, mau umroh, dll.

g. Setelah wawancara selesai maka kita akan diberikan tanda terima berkas dan jadwal kita untuk pengambilan Passpor, yaitu 4 hari kerja dan untuk waktunya sesuai dengan yang ditentukan petugas.

– Menunggu hari pengambilan Paspor.

– Ambil paspor sesuai dengan jadwal yang ditentukan petugas. Paspor jadi deh :)

Tips :

*Untuk pengisian nama, terutama bagi yang Muslim dan jika ada rencana untuk beribadah umroh dan atau haji dan umroh sebaiknya Nama pada paspor Minimal 3 suku kata, jika nama Anda kurang dari 3 suku kata maka tambahkan nama Ayah Anda.

* Pada pilihan jenis Paspornya terdapat 2 pilihan yaitu 24 halaman dan 48 halaman, pilihlah yang 48 halaman. Kenapa? karena masa berlaku Paspor 5 tahun, ya sapa tahu kita berkesampatan keliling dunia dalam waktu 5 tahun tersebut jadi gak bolak balik ke kanim untuk bikin paspor.

* Kalo sudah terlanjur daftar dengan paspor 24 halaman juga tak masalah, karena fungsinya dan amsa berlakunya sama. Jika ada yang bilang bahwa Paspor 24 halamanhanya untuk TKI, anggapan itu tidak benar. Itu yang terjadi pada penulis, terlanjut klik daftar paspor 24 halkaman dan ternyata tidak bisa direvisi. Dan ternyata jalan-jalan ke singapore dan malaysia tak ada masalah. Dan mudah-mudahannenxt untuk ke mekkah madinah juga tak masalah yah.

* Untuk yang ingin memperpanjang paspor karena paspor habis sebelum masa berlaku atau sudah habis masa berlaku paspor, syarat-syaratnya sama dengan tambahan yaitu paspor lama disertakan.

* Perpanjangan paspor dilakukan 6 bulan sebelum masa expired paspor.

*Jika saat pertama datang ke kanim Anda masih bingung mau ngapain bisa tanya ke security/ welcome boy yang ada di pintu masuk, mereka welcome

banget koq, pasti bakal diarahkan kemana-kemananya. Atau Anda bisa ke petugas Pusat informasi (Untuk Kanim Bogor, sebelah kanan klo dari pintu masuk), trus bilang aja ke petugasnya bahwa kita mau membuat paspor dan selanjutnya petugas akan mengarahkan.

Bikin PASPOR MUDAH KAN?

Ayooo buruan buat Paspor-mu, apalagi yang suka traveling dan pengan sgera traveling ke LN ataupun punya rencana atau impian untuk berhaji dan berumroh.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba yaa, mohon di like juga yah, trimakasih ;).Sambil saving dana sambil menyiapkan paspornya, semoga ALLAH  memantaskan kita untuk berhaji dan berumroh tahun ini. Aamiin.

Alamat Kanim Bogor, Jl. A . Yani no. 65 Bogor Telp. 0251 – 8316 974/ 8360 143

Gambar : Kantor Imigrasi Bogor

kanim bogor

Info terkait , baca juga tentang :
Penambahan Nama Pada Paspor

7 thoughts on “Membuat Paspor itu MUDAH dan PRAKTIS

  1. Pingback: Ngebolang KL – Singapore 3D4N ‘Selalu ada tangan-Nya’ | My Notes

  2. Ass afwan mba klo surat nikah n ijazah hilang tp akte kelahiran kk ktp ada cukup? jd tdk perlu melampirkan ijazah n surat nikah tks sy domisili si bgr

  3. Wa’alaikum salam wr wb. Berdasarkan informasi yg di flyer kanim bogor menyebutkan bahwa”untuk menunjukkan domisili berupa berupa KTP dan KK, sedangkan untuk menunjukkan identitas berupa Akte Kelahiran ATAU Ijazah ATAU surat nikah”. Kalo dilihat dari bahasanya sih bisa ya mas karena menggunakan kata penghubung ATAU. Jadi KTP, KK, dan Akte Kelahiran cukup.
    Saran saya untuk jaga-jaga mas sofwan bikin laporan kehilangan dulu di polsek terdekat yang menunjukkan surat-surat diatas hilang jadi saat ditanya selain menhjawab apa adanya dan mas sofwan bisa sambil menunjukkan surat tanda kehilangannya. Good luck ya🙂

  4. Asslamu’alaikum Wr. Wb.. Makasih ya mba untuk infonya.. Sangat membantu sekali untuk yang pertama kali membuat paspor..

  5. Ass. Mbk kalau buat paspor tapi orangnya didubai untuk datang ke indonesia. Bisa gak saya yg urus ke kantor imigrasi dengan membawa semua dokumen yg diperlukan. Atau gimana ya mbk?

    • Wa’alakumsalam mba aya… klo yang mau urus paspor posisi di luar negeri. silahkan datang ke kantor kbri aja mba, klo di dubai berarti kbri yg di dubai. Ngurus paspornya maksudnya utk perpanjang ato gimana mba aya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s